TUTORIAL

Seputar Informasi Teknologi, Internet, Website dan Media Sosial

9 Widget Popular Post dan Plugin Terbaik untuk WordPress

Tutorial – Seringkali kita menjumpai adanya tampilan “Popular Post” Atau “Trending Post” pada beberapa Website yang berbasis CMS (Content Management System) WordPress.

Dan tahukah Anda, bagaimana membuat serta manfaat dari keberadaan  suatu Widget atau Plugin Popular Post pada sebuah Website, Seberapa besar Manfaat yang akan diberikan terhadap perkembangan suatu Website?

Berikut ini Admin akan memberikan Artikel yang akan membahas secara detail tentang Manfaat dari Widget Popular Post dan 9 rekomendasi jenis Plugin Popular Post yang umum digunakan pada Worpress.

Baca juga: SEO DAN ALGORITMA GOOGLE MUDAH DIMENGERTI HANYA DENGAN CONTOH

Apa itu Plugin atau Widget Popular Post?

Plugin atau Widget Popular Post dalam suatu Website berbasis WordPress sebenarnya telah tersedia secara Default. Namun, beberapa fungsi dan tampilanya sangat terbatas untuk mengikuti tampilan website serta selera dari beberapa user.

Untuk itu, beberapa Plugin hadir dengan memberikan Alternatif tampilan yang bisa dikustom sesuai dengan keingingan user untuk memberi tampilan menarik pada website yang ingin menampilkan Artikel polpuler.

Plugin popular post merupakan salah satu komponen penting dalam sebuah website. Terutama jika situs yang Anda kelola sebagian besar terdiri dari artikel informasi yang berbasis teks dan gambar.

Widget Popular Post adalah merupakan sebuah widget yang akan menampilkan baik gambar maupun teks pada beberpa Artikel yang di kategorikan paling Populer dalam suatau Website.

Kriteria Memilh Plugin Popular Post Terbaik

  1. Ringan
  2. Tidak Memakan Banyak Resours
  3. Selalu di Update Oleh Pengembang
  4. Banyak Digunakan User Lain
  5. Mendapatkan Banyak Review Positif

Manfaat Menampilkan Popular Post

1.Menarik Lebih Banyak Klik

Manfaat paling besar dari adanya komponen artikel populer di sebuah website adalah mampu menarik pembaca untuk meng-klik.

Baca juga: CARA MEMBUAT WEBSITE CEPAT TERINDEKS SECARA SEO ORGANIK

2.Menurunkan Bounce Rate

Untuk manfaat yang satu ini sebenarnya merupakan efek dari adanya peningkatan aktivitas jumlah klik. Secara langsung, Google akan menghitung aktivitas klik di bagian popular post ini sebagai indikator bahwa user atau pembaca menemukan banyak informasi bermanfaat di website tersebut. Penjelasan lebih lanjut terkait Bounce rate bisa dibaca di artikel ini: Apa Itu Bounce Rate?

3.Mengetahui Minat Pembaca

Konten popular post biasanya bersifat dinamis karena akan berganti seiring jumlah endapan klik yang didapatkan. Nah, naik turunnya artikel populer di dalam sebuah website ini bisa menjadi salah satu indikator untuk mengetahui trend serta kebutuhan user ketika mereka masuk ke website yang kita kelola.

9 Widget Popular Post dan Plugin Terbaik untuk WordPress
9 Widget Popular Post dan Plugin Terbaik untuk WordPress

9 Plugin Popular Post Terbaik Untuk WordPress

Ada banyak plugin popular post yang tersedia dan bisa digunakan oleh pengguna WordPress. Namun, berikut ini sudah kami rangkum daftar plugin yang menurut kami terbaik dan recomended untuk digunakan :

1. Tabs Popular Posts and Latest Posts

Plugin ini menjadi salah satu fitur yang sebelumnya kami gunakan di blog Qwords versi lama. Sebagai informasi, selain bisa menampilkan artikel populer di bagian sidebar website, pihak pengembang juga menambahkan fitur latest post atau postingan terbaru yang akan tampil berdampingan dengan artikel populer.

Anda bisa menggunakan plugin ini untuk kebutuhan blog yang menggunakan sidebar kanan maupun kiri. Tips dari kami, tambahkan juga judul widget yang menarik agar pembaca menjadi lebih antusias untuk melakukan klik.

Baca juga: 5 CARA MEMBUAT ARTIKEL STANDAR SEO BAGI PEMULA

2. WordPress Popular Posts

Dengan jumlah pengguna lebih dari 300 ribu serta review bintang 4,5 dari 210 user, plugin WordPress Popular Posts sangat recomended untuk digunakan. Anda bisa memanfaatkan plugin ini untuk menampilkan artikel populer berdasarkan hari, minggu, bulan, tahun, atau lifetime.

Tak hanya itu saja, Anda juga bisa memilih untuk menampilkan thumbnail gambar atau hanya berbasis teks saja agar lebih ringan serta menghemat layout website.

3. Top 10 – Popular Posts Plugin for WordPress

Top 10 – Popular posts plugin for WordPress adalah plugin yang tepat untuk menambal kekosongan fitur artikel populer yang secara default tidak ada di WordPress. Seiring banyaknya pilihan plugin lain, pihak pengembang plugin ini pun mulai memberikan beberapa fitur tambahan sebagai opsi untuk user.

Fitur yang jarang ada misalnya seperti penggunaan shortcodes, CSS Style, custom code, serta opsi thumbnail on atau off sesuai kebutuhan.

4. Stylish Popular Posts

Satu keunggulan yang membuat plugin popular post WordPress ini recomended untuk digunakan adalah pilihan tampilannya yang sangat menarik. Plugin ini sangat cocok untuk mempercantik tampilan website agar tidak terlalu flat. Namun, tetap tidak meninggalkan fungsi utamanya sebagai generator artikel populer berdasarkan metrik waktu, author, maupun kategori.

5. WP Tab Widget

Selain mampu menampilkan fitur artikel popular, plugin WP Tab Widget juga bisa digunakan untuk menampilkan artikel terbaru, komentar, serta rating secara otomatis berdasarkan input dari user.

Jika dilihat dari jumlah download dan review dari pengguna, plugin buatan MyThemeShop ini cukup recommended untuk digunakan. Kendati demikian, sayangnya WP Tab Widget  terakhir diperbarui tiga bulan yang lalu dan belum teruji untuk berjalan di WordPress versi 5.6.

Baca juga: YOAST SEO HIJAU SEMUA DENGAN CARA GAMPANG

6. JetPack

Siapa yang tidak kenal dengan JetPack, plugin yang satu ini bisa dibilang merupakan salah satu aset wajib yang perlu digunakan oleh para pemilik website. Ada banyak fungsi yang ditawarkan oleh JetPack, misalnya seperti analytics untuk memantau traffic dan kueri yang masuk, auto post ke sosial media.

Selain itu, Anda juga bisa memanfaatkan plugin JetPack untuk menampilkan artikel populer berdasarkan waktu tertentu tanpa harus menambahkan plugin lain.

7. Most Popular Post Widget

Secara keseluruhan, plugin Most Popular post buatan Quazi Sazzad memiliki fitur relatif sama dengan plugin lainnya. Sebagai user, Anda bisa menampilkan artikel populer berdasarkan tanggal, author, atau kategori, baik menggunakan thumbnail atau tidak.

8. Popular Posts by Webline

Tercatat memiliki jumlah user 1,000+ di WordPress, membuat plugin Popular Posts by Webline layak dijadikan alternatif untuk menampilkan artikel populer di website.

Ada beberapa fitur kunci yang dihadirkan Webline untuk menarik banyak pengguna plugin ini, beberapa di antaranya seperti opsi untuk menampilkan cuplikan teks di bawah judul, opsi menampilkan tanggal, opsi untuk menampilkan jumlah views, dan lain sebagainya.

Baca juga: HALAMAN PERTAMA GOOGLE DENGAN 13 LANGKAH

9. MonsterInsights

MonsterInsights adalah salah satu plugin WordPress yang terkenal memiliki fitur analytics yang mumpuni. Selain bisa menghadirkan data terkait statistik artikel mana saja yang banyak dikunjungi, plugin ini juga bisa menampilkan list artikel berdasarkan metrik data tertentu. Salah satunya adalah artikel paling populer atau populer post.

Memilih plugin popular post yang cocok dan sesuai kebutuhan memang susah-susah gampang. Bahkan, terkadang plugin yang banyak direkomendasikan orang lain belum tentu kompatibel dengan versi WordPress atau karakteristik template yang kita gunakan.

Jadi, sebaiknya Anda test dan gunakan plugin tersebut secara langsung ke website Anda agar lebih mudah menemukan plugin mana yang cocok dan sesuai kebutuhan.

Sumber: qwords.com