TUTORIAL

Seputar Informasi Teknologi, Internet, Website dan Media Sosial

Jangan diganti dulu, inilah 8 cara atasi Baterai HP yang Kembung

Tutorial – ada banyak factor yang dapat menyebabkan Baterai HP menjadi Kembung. Namun, hal mendasar adalah terjadinya over heating ataupu berlebihnya arus yang masuk kedalam baterai.

Saat terjadi hal seperti ini, jangan langsung berkesimpulan untuk segera menggati Baterai HP.  Masih ada alternative dan solusi lain untuk mengatasi hal tersebut.

Untuk itu, dalam artikel kali ini akan menjelaskan berbagai cara memperbaiki baterai HP yang kembung agar tidak menjadi penghalang dalam menggunakan HP.

Saat menemukan baterai HP yang kembung, kalian harus segera mematikan handphone dan jangan mengisi daya atau menyalakannya kembali dalam beberapa waktu.

Dikutip dari berbagai sumber pada Jumat (25/11/2022), celebrities.id telah merangkum cara memperbaiki baterai HP yang kembung, seperti berikut.

Baca juga: MARI MENGENAL LEBIH DEKAT YANDEX, MESIN PENCARI DARI RUSIA

Jangan diganti dulu, inilah 8 cara atasi Baterai HP yang Kembung
Jangan diganti dulu, inilah 8 cara atasi Baterai HP yang Kembung

Inilah 8 Cara Memperbaiki Baterai HP yang Kembung

1. Melepas Baterai saat Panas

Jika baterai HP mengalami kerusakan atau melihatnya menjadi sangat panas atau kehilangan daya dengan cepat, sebisa mungkin lepas secara berkala sebelum mendapatkan yang baru. Jika dibiarkan di perangkat HP kamu, itu akan bisa berdampak lebih buruk.

Baca juga: 3 APLIKASI PENGHASIL SALDO DANA GRATIS TERBAIK, BISA HASILKAN RP280 RIBU HANYA MODAL KLIK!

2. Jangan Biarkan HP Tetap Terhubung dengan Daya Listrik

Baterai lithium-ion dirancang untuk menggunakan dayanya dan kemudian diisi ulang. Jika terus-menerus terhubung ke daya, baterai akan menurun dan masa pakainya akan berkurang serta mengembung.

3. Gunakan Pengisi Daya Original

Terkadang pengisi daya ponsel asli hilang atau rusak dan mencari solusi cepat membeli yang baru namun abal-abal. Memilih opsi yang murah mungkin tampak ekonomis, tetapi mungkin tidak memiliki keluaran daya yang sama dan dapat merusak baterai atau perangkat handphone serta menjadikannya pilihan yang buruk.

4. Memasukkan Baterai ke Freezer

Hal ini bertujuan untuk mengurangi gas dalam baterai yang bersumber dari elemen elektroda serta elektrolit. Kamu bisa membungkus baterai dengan plastik lalu masukkan ke freezer, hingga baterai mengempis dan dapat digunakan kembali. Pastikan baterai sudah benar benar kering sebelum dipasang kembali karena kandungan air akan beresiko merusak komponen lainnya.

5. Menjaga Daya Charging di Bawah 100%

Menurut beberapa ahli teknologi, kondisi terbaik baterai adalah pada daya 50% sampai 90%. Kita tidak boleh membiarkannya kehilangan daya sampai kosong atau kelebihan daya akibat proses charging yang terlalu lama.

Baca juga: MACKEEPER SALAH SATU APLIKASI PENYEBAR MALWARE PADA MACOS

6. Menggunakan Jarum

Baterai yang menggelembung disebabkan oleh sel baterai yang kelebihan muatan. Ketika handphone dicas, maka elektroda akan mengikat elektron dan menghasilkan gas. Jika kita mencharge gadget secara berlebihan tentu akan menimbulkan produksi gas yang banyak juga.

Hal tersebut ikut meningkatkan suhu di dalam baterai dan membuatnya mengembang. Buka penutup case belakang lalu tusukkan jarum di bagian aman baterai. Utamakan tusuklah dibagian baterai kembungnya.

7. Mendinginkan Baterai dengan Kipas

Salah satu penyebab baterai kembung adalah karena panas dari smartphone. Kamu bisa mengipasi HP sampai suhu baterai dingin. Biasanya ketika suhu dingin maka baterai akan perlahan lahan mengempis.

8. Mengurangi Penggunaan Aplikasi Berat

Langkah terakhir adalah dengan menghindari pemakain aplikasi maupun game yang berat. Umumnya ketika penggunaan handphone secara penuh akan sangat mempengaruhi baterai. Bisa jadi setelah kembung baterai akan drop dan tidak dapat dihidupkan kembali.

Demikian 8 cara mengatasi Baterai HP yang kembung, semoga bisa bermanfaat bagi kita semua.