Jangan Khawatir Mudik Lebaran Tanpa harus Kehilangan Sinyal Jaringan Internet!

Tutorial – Saat mendekati Hari Raya Idul Fitri, Rutinitas Mudik Lebaran, telah menjadi Tradisi bagi Masyarakat Indonesia yang bekerja dengan Status Perantau.

Seringkali kendala pada signal Provider atau layanan sinyal internet mengalami putus nyambung saat melakukan perjalanan mudik Lebaran. Tentu dalam kondisi ini, akan memberi dampak pula pada kondisi baterei HP yang mudah terkuras alias Lowbat.

Apabila terjadi kondisi ini saat dalam perjalanan mudik, terkadang kita merasa kurang nyaman menggunakan Komunikasi dengan Keluarga yang berada di Kampung Halaman.

Padahal,  Sinyal HP yang optimal juga dibutuhkan untuk menghibur diri saat dalam perjalanan mudik, misalnya saja dengan streaming dan gaming.

Baca juga: Inilah Rekomendasi Handphone dengan Kualitas Kamera terbaik di Tahun 2024

Tapi, untunglah, masih terdapat berbagai solusi atau cara untuk mengatasi agar sinyal HP tetap kuat sehingga tetap nyaman dipakai untuk internetan.

Jangan Khawatir Mudik Lebaran Tanpa harus Kehilangan Sinyal Jaringan Internet!
Jangan Khawatir Mudik Lebaran Tanpa harus Kehilangan Sinyal Jaringan Internet!

Berikut ini, beberapa langkah atau cara agar sinyal HP tetap kuat saat melakukan perjalanan mudik lebaran:

1. Jangan Menggunakan Softcase Tebal

Softcase menjadi salah satu aksesoris HP yang penting untuk dipasang. Pada dasarnya, softcase dipasang untuk bantu melindungi bodi HP secara keseluruhan.

Namun perlu diperhatikan, coba cek apakah softcase yang kamu pakai sekarang terlalu tebal. Sebab, softcase yang terlalu tebal banyak dipandang menurunkan kemampuan penangkapan sinyal.

Agar hal ini tidak terjadi, tentu pilih softcase dengan ukuran dan ketebalan yang masih wajar. Opsi lain yakni dengan melepas sebentar softcase, lalu perhatikan apakah kualitas sinyal membaik atau tidak.

Tapi jangan terlalu lama, segera pasang kembali softcase agar bodi HP kembali terlindungi.

Baca juga: Solusi dan Langkah atasi Serangan Cyber Crime pada Smartphone

2. Mencari Lokasi yang Tepat

Ketika  kualitas sinyal HP menurun, Coba pindah ke titik atau lokasi lain.Hal ini perlu dilakukan mengingat tiap daerah bisa saja memiliki kualitas sinyal yang berbeda-beda.

Oleh karenanya, pindah ke lokasi lain untuk mendapatkan kualitas sinyal terbaik. Di perjalanan mudik, hal seperti ini acapkali terjadi.

Sebab belum semua daerah di wilayah Indonesia dijangkau oleh sejumlah provider atau penyedia layanan telekomunikasi. Misal sudah terjangkau, kualitas sinyal antar wilayah bisa saja berbeda.

3. Segera Aktifkan Mode Pesawat

Sinyal HP yang optimal tentu akan dibutuhkan, tidak terkecuali di perjalanan mudik lebaran. Lantas bagaimana jika sinyal HP tiba-tiba melemah di perjalanan?

Banyak sumber menyebut mode pesawat atau Airplane Mode bisa dijadikan solusinya. Mode pesawat banyak disebut dapat dimanfaatkan untuk memperkuat sinyal dengan lebih cepat.

Khususnya jika kamu terasa berat untuk mematikan HP sampai-sampai melepaskan kartu SIM. Mengaktifkan lalu mematikan mode pesawat sama saja dengan menyegarkan koneksi di HP.

4. Lakukan Restart HP

Selain mode pesawat, restart, atau memulai HP juga dapat dijadikan opsi terbaik untuk memulihkan sinyal yang melemah. Bahkan tidak jarang, hal ini kerap pula dijadikan sebagai solusi untuk sejumlah lain.

Namun intinya, memulai ulang atau restart HP bertujuan untuk menyegarkan kinerja sistem. Di sisi lain, koneksi jaringan juga ikut di-refresh setelah HP dihidupkan kembali.

Dengan restart HP, harapannya ini akan menjadi solusi dari sinyal HP yang melemah agar kembali kuat.

Baca juga: Daftar HP Spesifikasi Tinggi dengan Harga sangat Terjangkau diTahun 2024

5. Caba Ganti Layanan Provider

Ganti provider, ini juga bisa menjadi opsi yang dilakukan untuk mendapatkan sinyal HP yang kuat.

Terutama bila kamu berencana mengunjungi daerah atau lokasi yang memang belum terjangkau layanan telekomunikasi dengan baik.

Sebelum berangkat, kamu bisa mencari informasi tentang provider terbaik di daerah atau wilayah yang ingin dikunjungi. Jika memang memungkinkan, sediakan dua kartu SIM dari dua provider lain sebagai backup.

Bisa dilihat juga beritanya di GOGGLE NEWS atau GOOGLE BERITA

You may also like...