Radar Canggih Milik RAF ECRS MK2 di Siapkan untuk Pesawat Tempur Typhoon

Tutorial – Penggunan Tekhnologi Radar dalam era modern saat ini begitu sangat massif. Dan salah satu Radar canggih, yakni Radar ECRS (European Common Radar System) Mk2 buatan Leonardo siap diuji coba di jet tempur Eurofighter Typhoon milik  Angkatan Udara Inggris (RAF).

Sebelum pengujian pada pesawat di udara, terlebih dahulu radar jenis AESA (Active Electronically Scanned Array) ini akan menjalani pengujian di darat. Pengujian dilaksanakan di fasilitas milik BAE Systems di Lancashire, Inggris Raya.

Keterangan yang disampaikan oleh Perusahaan, ECRS Mk2 memiliki kemampuan Peperangan Elektronik (EW) yang memungkinkan pesawat untuk secara bersamaan mendeteksi, mengidentifikasi, dan melacak beberapa target di udara dan di darat.

Radar ECRS Mk2 AESA akan menggantikan radar pemindaian mekanis yang saat ini digunakan oleh armada jet tempur Typhoon RAF. Uji coba kapabilitas ECRS Mk2 AESA dalam penerbangan rencananya akan dilaksanakan tahun depan.

Baca juga: Teknologi AI pada Radar Xaver 1000 buatan Israel Mampu Menembus Dinding

Pengembangan Radar ECRS Mk2 dilaksanakan melalui investasi sebesar 2,35 miliar untuk Peningkatan 4 Bertahap melibatkan Jerman, Italia dan Spanyol.

Radar Canggih Milik RAF ECRS MK2 di Siapkan untuk Pesawat Tempur Typhoon
Radar Canggih Milik RAF ECRS MK2 di Siapkan untuk Pesawat Tempur Typhoon

Program ini merupakan terobosan teknologi untuk mengamankan Typhoon sebagai tulang punggung pertahanan udara di seluruh dunia selama beberapa dekade ke depan.

Baca juga: SPY-7 Radar Serbaguna Tercanggih di Dunia dengan Tujuh Kelebihannya

Dengan sistem radar ECRS Mark 2, Typhoon dapat mengidentifikasi target udara dan target darat secara bersamaan

Jet Tempur Eurofighter Typhoon akan menerima prototipe sistem radar ECRS (European Common Radar System) Mk 2 multifungsi mutakhir hasil kerja sama Leonardo dari Italia dan BAE Systems dari Inggris. Radar ini akan diintegrasikan pada pesawat uji Typhoon milik Angkatan Udara Inggris (RAF) sebelum pengujian dalam penerbangan pesawat.

Pengintegrasian radar ECRS Mark 2 merupakan bagian dari investasi sebesar £2,35 miliar (2,98 miliar USD) untuk meningkatkan kemampuan Typhoon.

Sistem radar ECRS Mark 2 memungkinkan Typhoon untuk secara bersamaan mendeteksi, mengidentifikasi, dan melacak beberapa target udara dan darat sekaligus dalam tugas peperangan elektronik.

Baca juga: Review Radar Canggih Milik Indonesia Leonardo RAT 31 DL/M

RAF dan Kementerian Pertahanan Inggris pada Juli 2022 mengumumkan akan mengintegrasikan ECRS Mk2 pada jet Typhoon dan memberikan kontrak kepada Leonardo serta BAE sebesar £317 juta.

Sistem radar canggih ECRS Mark 2 dilengkapi dengan array multifungsi telah menjalani pengujian berbasis darat oleh BAE Systems sebelum diintegrasikan ke pesawat uji Typhoon.

Dengan pengintegrasian radar terbaru ini diharapkan Typhoon akan memperkuat perannya sebagai pesawat terdepan dalam pertahanan udara tempur di masa depan, kata perusahaan.

Bisa dilihat juga beritanya di GOGGLE NEWS atau GOOGLE BERITA

Sumber: https://www.airspace-review.com/

You may also like...