10 Plugin Wajib untuk Website Berbasis WordPress 2024

TutorialPengguna Content Manajement System (CMS) WordPress semakin hari semakin bertambah pesat. Hal ini dikarenakan berbagai kemudahan yang ditawarkan dan banyaknya pilihan template atau tema yang memiliki desain menarik.

Sebelum kita masuk untuk mebahas Plugin WordPress, akan terlebih dahulu kita kilas balik tentang sejarah dan apa itu WordPress?

Sekilas Tentang WordPress

WordPress adalah Content Management System (CMS) yang diluncurkan oleh Matt Mullenweg dan Mike Little pada tahun 2004.

Sebagai sebuah CMS, WordPress bisa membantu Anda membuat dan mengelola website tanpa coding. Anda bisa menata tampilan, menambahkan fitur, dan membuat konten di website dengan mudah. Jadi, cocok untuk digunakan pemula sekalipun.

Tak hanya itu, WordPress juga bisa Anda gunakan secara gratis karena bersifat open-source.

Namun, sebelum menggunakannya untuk membangun website, Anda perlu memilih dulu antara WordPress.com dan WordPress.org.

Apa itu WordPress.com? Ini adalah layanan untuk membuat website dengan platform WordPress. Layanan ini sudah memberikan Anda hosting dan domain, baik versi gratis dan berbayar. Anda tidak perlu mengeluarkan biaya untuk membeli domain sendiri, baik id domain, .com, .net, ataupun ekstensi yang lainnya. Meskipun harga domain tidak terlalu mahal, hal ini tentunya bisa menghemat pengeluaran Anda.

Sayangnya, layanan WordPress.com memiliki banyak keterbatasan, mulai dari fitur hingga resource.

WordPress.org adalah website yang menyediakan platform WordPress secara gratis. Anda bisa mendownload, lalu menginstalnya. Untuk melakukannya, Anda perlu membeli hosting dan domain dulu.

Inilah cara yang paling banyak digunakan karena memberi kebebasan mengelola website lebih baik.

Baca juga: Inilah 9 Widget Popular Post dan Pluggin Terbaik untuk WordPress di Tahun 2024!

10 Plugin Wajib untuk Website Berbasis WordPress 2024
10 Plugin Wajib untuk Website Berbasis WordPress 2024

Apa itu Plugin WordPress?

Plugin merupakan tools untuk menambahkan fitur tertentu pada suatu program atau website. Sedankan Plugin WordPress adalah ekstensi yang ditambahkan ke website WordPress untuk memodifikasi dan mengembangkan fungsi utamanya. WordPress menyediakan ribuan opsi, baik yang berbayar maupun gratis.

Adapun tujuan dari penggunaan Plugin adalah untuk meningkatkan kemampuan kerja program komputer, aplikasi, atau web browser dengan berbagai fitur baru sesuai keinginan dan kebutuhan pengguna.

Perlu diketahui, bahwa Instalasi WordPress tanpa Plugin sama halnya Sayur tanpa Garam. Dalam sebuah Website berbasis WordPress paling tidak dilengkpai sejumlah Plugin untuk menungjang kinerja Website serta menambahkan fitur fitur lain sesuai kebutuhan penggunanya.

Untuk itu, didalam artikel ini akan menyajikan 10 Plugin Wajib yang harus dimiliki oleh Website Berbasis CMS WordPress terbaru tahun 2024!

Baca juga: Pilih WordPress atau Blogger untuk Website! Silahkan Simak Keunggulan masing masing Platform!

Berikut 10 Plugin Wajib bagi Pengguna WordPress:

1. Akismet Anti-Spam

Digunakan oleh jutaan orang, Akismet sangat mungkin merupakan cara terbaik di dunia untuk melindungi blog Anda dari spam. Itu membuat situs Anda terlindungi bahkan saat Anda tidur. Untuk menggunakannya tinggal  aktifkan Plugin Akismet lalu buka halaman Pengaturan Akismet untuk menyiapkan kunci API Anda.

2. Converter for Media

Percepat situs web Anda dengan menggunakan Konverter WebP & AVIF kami (sebelumnya disebut Konverter WebP untuk Media). Sajikan gambar WebP dan AVIF, bukan format standar JPEG, PNG, dan GIF sekarang!

3. Lazy Load – Optimize Images

Skrip Lazy Load kecil untuk WordPress tanpa jQuery atau pustaka lainnya.

Baca juga: 10 Rekomendasi Tema Gratis WordPress Terbaik untuk Portal Berita 2024

4. LiteSpeed Cache

Caching halaman berkinerja tinggi dan pengoptimalan situs dari LiteSpeed

5. Recent Posts Widget With Thumbnails

Plugin kecil dan cepat untuk menampilkan di sidebar daftar judul dan thumbnail tertaut dari posting terbaru

6. Site Kit by Google

Site Kit adalah solusi satu atap bagi pengguna WordPress untuk menggunakan semua yang ditawarkan Google untuk membuat mereka sukses di web.

7. Smush

Kurangi ukuran file gambar, tingkatkan kinerja, dan tingkatkan SEO Anda menggunakan WPMU DEV WordPress Smush API gratis.

8. WordPress Popular Posts

Widget yang sangat dapat disesuaikan yang menampilkan postingan paling populer di blog Anda.

Baca juga: Ngga Mau Repot Login di WordPress! Guanakan Cara ini tanpa Menggunakan Kata Sandi

9. WP Sitemap Page

Tambahkan peta situs di halaman/posting mana pun menggunakan kode pendek sederhana [wp_sitemap_page]

10. Yoast SEO

Solusi SEO all-in-one sejati pertama untuk WordPress, termasuk analisis konten di halaman, peta situs XML, dan banyak lagi.

Demikianlah uraiaan 10 Plugin Rekomendasi yang wajib dimiliki oleh Website berbasis WordPress terbaru tahun 2024!, Semoga bisa memberi manfaat bagi kita semua.

Bisa dilihat juga beritanya di GOGGLE NEWS atau GOOGLE BERITA

You may also like...